18 November 2010

Pilih Jenis Kain Gaun Pengantin yang Tepat

WARTA WEDDING - Penggunaan jumlah kain untuk gaun pengantin, sulit diprediksi. Mengingat gaun pengantin mempunyai ekor yang cukup panjang dan detil. Maka perkiraan yang tepat harus diperhitungkan per desain (satu gaun).

Sebagai patokan, untuk membuat gaun klok setengah lingkaran berekor 0,5 meter membutuhkan kain empat meter dengan lebar kain tidak kurang dari 1,5 meter. Karena lebar kain bermacam-macam. Umumnya dijual di pasaran bekisar dari 90 cm, 115 cm, 135 cm dan 150 cm.

Sedangkan untuk jenis tulle dapat mencapai lebar hingga 300 cm. Namun yang paling umum dijumpai (merujuk pada pasar Indonesia) adalah 115 cm dan 150 cm.

Bahan terbaik untuk membuat gaun pengantin adalah kain terbuat dari serat sutera atau disebut silk. Kain jenis ini sangat lembut dan memiliki efek smooth. Jatuhnya pun tidak kaku. Selain lembut di kulit, serat yang terbuat dari cocon atau kepompong ulat sutera ini sangat nyaman dipakai.

Sifatnya menyerap keringat dan sejuk dipakai, terutama saat udara panas dan terasa hangat saat udara dingin. Kelebihan inilah yang mendasari sutera adalah kain mahal. Calon pengantin pun biasanya mengganti dengan jenis kain lain dengan fungsi dan keuntungan yang hampir serupa, seperi duchesse, sifon, organdi, satin, lace atau tulle. (dya/*dwc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails